Early Warning Gempa masih sampai 27 Desember!


“Nanti digoyang gempa lagi nggak ya?” tanyaku pada diri sendiri. Sudah dua hari aku merasakan goncangan lagi. Rabu (22/12) malam pukul 21an lalu, setelah kubaca media esoknya (hari ini, 23/12), goncangan itu hanya berkekuatan 5,8 skala Richter. Di website Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofísika (BMKG) dikatakan, gempa itu berkedalaman 18 km yang berpusat 65 km barat laut Sinabang, Aceh.

Lalu tadi pagi ketika aku sedang meracik bumbu sayur bayam, orang-orang berteriak. Dan memang ada bunyi, “brrrrggggkkkkk….” walau hanya beberapa detik. Mbak Santi yang satu kos denganku turun dari kamar. “Gempa e mbak…Pager nduwur nganti goyang-goyang (pagar di lantai atas sampai bergoyang),” terangah-engah.

Goncangan gempa tadi pagi pukul 7-an menurut BMKG berkekuatan 5,5 SR, dengan kedalaman 15 KM, dengan pusat gempa 45 KM Barat Daya, Meulaboh, Aceh. Tapi kata temanku begini, “Goncangannya terasa sampai Sigli.” Wah!

Sejak kubaca catatan Mas Edie Nugroho yang kukenal di situs jejaring social facebook, jantung kerap berdegup. Mas Edie menulis begini :

Early Warning Potensi Gempa terjadi tgl 22-27 Des’10
MOHON DISIKAPI DENGAN BIJAK. TIDAK BERMAKSUD MEMBUAT TAKUT/PANIK. SEBAGIA PENGINGAT AGAR SENATIASA WASPADA/SIAPSIAGA. INGAT…!!! SELALU IKUTI PETUNJUK PETUGAS YANG BERWENANG !!!
Wilayah potensi gempa tanggal 22-27 Des’10 :
> Kep. Talaud
> utara Halmahera
> Jayapura
> Laut Banda di Tanimbar
> daerah Ujung Kulon
> lepas laut Simeulue

Memang, dengan membaca catatannya seharusnya aku lebih siap, termasuk saat gempa ‘agak besar’ menguncang Aceh beberapa bulan lalu. Ia selalu mewanti-wanti lewat dindingnya untuk waspada. Prediksi yang entah darimana itu memang selalu tepat. Meskipun orang BMKG atau juga sebagian ahli selalu mengatakan, gempa tidak dapat diprediksi seakurat itu. Tapi toh, Mas Edie selalu memberikan aba-aba yang tepat lewat catatannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: